Situsnya Anak Sinjai

Penyakit gatal-gatal ini yang menyerag warga Kabupaten Sinjai, sangatlah meresahkan warga, entah penyebabnya apa? dan penyakit ini umumnya menyerang remaja dan anak-anak lelaki atau perempuan khususnya di bagian selangkangan dan bagin tubuh tersembunyi lainnya, seperti di bagian ....... (mengerti ajalah). Dari ungkapan teman saya yang katanya "Penyakit ini tidak mempan dengan obat-obatan yang diberikan oleh dokter atau ahli kesehatan lainnya".


Bukan hanya ungakapan dari teman saya namun sebenarnya saya juga sedang mengalaminya (ssssttt jangan di publissss,,, Malu ahhh). Kalau menurutku penyakit ini yang paling menyebalkan selama beberapa penyakit yang pernah saya derita, kenapa saya mengatakan seperti itu? karena selain membuat kita tidak dapat konsentrasi juga membuat kita untuk melukai diri sendiri terutama bagian tubuh yang paling kita banggakan sebagai lelaki (kalau wanita sihhh saya gag tau ngomong apa-apa!!).
Selain itu, dampak buruk yang dialami oleh sebagian anak-anak sekolahan dari akibat penyakit ini sangatlah merugikan, sebab (jangan menceritakan orang lain) keponakan saya sendiri yang masih sekolah terpaksa mengambil tambahan libur untuk meluangkan waktu menggaruk tubuhnya yang diserang penyakit gatal-gatal tersebut.

Entah, dengan apa solusinya? sebab layanan JAMKESDA, ASKES, dan JAMKESMAS tidaklah memberi harapan untuk menyembuhkan penyakit ini (Kecuali harapan pada Allah SWT). Bukan hanya itu, layanan pengobatan tradisional seperti paranormal dan tempat-tempat keramat yang biasa digunakan oleh para tertua kita juga belum membuahkan hasil. Lucunya jika bertanya kepada salah satu pelayanan kesehatan, hanya diberikan tanggapan  Sama' "pake kutip"(dalam bahasa Bugis yang artinya menyeluruh). 
Siapa yang bertanggung jawab?
Untuk sementara penyakit ini harus ditanggung oleh masing-masing penderitanya karena obatnya mungkin belum ditemukan untuk menyembuhkannya secara total, tapi masih banyak obat-obatan lain yang dapat menyembuhkan untuk sementara dan jangan heran bila penyakit ini akan kambut lagi.

Untuk teman, sahabat dan bagi siapa yang menderitanya. Kita sama-sama berharap saja semoga pemerintah mengambil tindakan secepatnya untuk mengatasi penderitaan warganya. Amiin..

Categories:

Leave a Reply